Stupid People using Smartphone

14 01 2016

Kamis, 14 Januari 2016
Gw ada perjalanan dinas ke Jakarta untuk meeting bareng client. Gw berangkat pake kereta dan sampai di Jakarta sekitar jam 10. Gw melanjutkan perjalanan gw ke tempat
client via busway. Salah. Bus transjakarta yang bener. Kurang lebih sekitar jam 11 siang gw sampe di tempat client di sudirman citywalk. Gw meeting bareng client
pertama gw trus 30 menit setelah meeting tiba2 orang2 di belakang gw heboh nontonin TV. Dan ternyata eh ternyata ada bom di sarinah. Gw bersyukur banget masih bisa
idup dan posting di blog ini karena 30 menit sebelumnya gw melintas tepat di lokasi yang kena bom itu. Gw bersyukur buat penyertaan Tuhan karena kalau gw yang telat
atau kalau teroris itu kecepetan beraksi, gw ga tau gw bakalan ada dimana skrng.

Gw mencermati salah satu fenomena unik setelah kejadian ini. Orang2 di sekeliling gw tiba2 pada heboh dan asik sendiri dengan smartphone nya. Ada yang telpon2an sama
keluarganya. Ada yang sibuk di grup. Ada yang sibuk broadcast ini itu. Ada yang sibuk posting di sosial media. Ada yang sibuk bikin hashtag ini itu. Dan fenomena unik
lainnya adalah banyak banget informasi yang berseliweran yang entah dari mana sumbernya. Bom di beberapa titik lah. Penembakan di sepanjang jalan lah. Mall ada yang
udah dipasang bom. Dan yang bikin gw lebih heran lagi, orang2 dengan pede nya memposting dan menyebarkan berita-berita tersebut. Akibatnya muncul kepanikan dimana-
mana. Terus orang-orang jadi parno dan takut sendiri.

Di era keterbukaan informasi seperti sekarang ini, gw kira penting banget untuk kita bisa secerdas mungkin membedakan mana berita yang bener dan mana berita yang hoax
atau palsu. Terkadang kita belum secerdas handphone kita. Pegang handphone canggih dengan otak yang masih kuno. So paling up to date posting sana sini, share sana sini
padahal ga tau juga itu sumbernya dari mana. Si Maman tukang batagor deket kantor saya atau Bu Eti tukang cilok deket rumah saya pun bisa aja bikin broadcast lalu
share ke temen-temennya. Tapi apakah berita itu bener? Belum tentu. Kita harus verifikasi lebih jauh tentang kebenaran berita itu.

Fenomena unik lainnya adalah kita sangat mudah sekali terprovokasi oleh artikel yang berasal dari wordpress atau blogspot. For your information Bro Sis, wordpress atau
blogspot itu adalah situs gratisan yang bisa dimiliki oleh semua orang di dunia ini. Dan itu lebih banyak pendapat pribadi atau hasil copy paste dari sumber lain.
Jadi wordpress dan blogspot itu bukan sumber resmi yang bisa dijadikan patokan kebenaran dan dipertanggung jawabkan kebenarannya. Itu bisa bener? Iya bisa banget. Tapi
bisa salah? Sangat bisa banget. Kalian perlu cek dlu siapa yang punya blog itu. Apa kapasitas dia. Misalnya kalau yang punya blog adalah seorang pengangguran trus blog
dia itu banyak cerita soal tips sukses. Apakah kalian bisa percaya? Orang dia sendiri juga nganggur.

So, melalui tulisan ini gw pengen sedikit share sama kalian-kalian orang-orang yang gw kasihi. Tolong lah sedikit cerdas dalam sharing informasi atau meneruskan
broadcast-broadcast ga jelas. Mohon konfirmasi dulu dari mana sumbernya dan apakah berita ini bisa dipercaya atau tidak. Perhatikan juga dengan baik apa dampak yang
ditimbulkan ketika kita posting atau sharing informasi tersebut. Apakah lebih banyak sisi positifnya atau justru malah menimbulkan banyak dampak negatif. Mari jadi
pengguna smartphone yang cerdas. Kita manusia harus lebih pintar dari gadget kita. Karena manusialah yang menciptakan gadget. Bukan sebaliknya.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: