Apa yang sudah, sedang, dan akan Anda lakukan bagi Bangsa ini?

13 08 2015

Sebuah pertanyaan menggelitik yang bikin gw stuck. Gw Bastiyan, saat ini umur gw 24 tahun. Sebentar lagi 25 tahun. Abis 25 tahun, 26 tahun. Dan seterusnya. Gw manusia biasa dengan bakat yang tidak biasa tapi punya impian yang luar biasa.

Waktu SMP dulu, gw sekolah di SMP. Isinya anak-anak SMP. Pake seragam SMP. Gurunya juga SMP. Oke serius yah. Waktu pertama masuk SMP, gw join salah satu ekstrakurikuler di sekolah yaitu PASKIBRA atau Pasukan Pengibar Bendera. Entah apa yang ada di pikiran gw, kaya lagi di hipnotis atau di bawah pengaruh alkohol gw tiba-tiba ambil formulir pendaftaran dan join. Tapi gw tdk pernah menyesali hal tersebut. Mungkin yang menyesal adalah Kakak Pembina gw. Knp mereka tdk lebih selektif dalam memilih orang. Di PASKIBRA gw belajar banyak hal penting. Disiplin, kebersamaan, dan yang tidak kalah penting adalah kecintaan terhadap tanah air.

Dari PASKIBRA saya belajar untuk lebih peduli lagi terhadap bangsa ini. Saya belajar untuk punya hati terhadap bangsa ini. Dari situ saya mulai rajin doain bangsa dan negara ini. Walaupun skrng udah bolong-bolong. Hehe..

PASKIBRA jadi dasar awal gw punya hati buat bangsa ini. Tapi moment ketika gw merasa terpanggil untuk berbuat sesuatu untuk negeri ini adalah ketika gw SMK. Gw sekolah di SMK. Isinya anak-anak SMK. Pake seragam SMK. Guru-gurunya jg SMK. Gw ikut suatu pelatihan. Namanya HOT Ministry. Di situ dibilang kita harus punya visi/tujuan hidup. Pulang dr situ gw berpikir keras. Apa sih tujuan hidup gw dan gimana sih caranya mewujudkan mimpi gw itu. Akhirnya gw menemukan cara mewujudkan mimpi gw itu. Yupz gw memutuskan untuk tidur dan bermimpi indah. Tamat. Hahahah.. Belum lah. Baru juga mulai.

Awalnya gw berpikir sukses adalah ketika gw punya banyak duit, bisa dapetin apa yang gw mau, punya keluarga yang bahagia, liburan ke mana pun gw mau, dan makan KFC tiap hari. Tapi setelah bergabung di HOT Ministry. Gw belajar kalau sukses tuh bukan tentang diri lu sendiri. Sukses adalah ketika lu tau apa yang Tuhan mau dalam hidup lu dan lu hidup dalam rancangan-Nya Tuhan.

Entah gmn ceritanya dan entah gmn awalnya seperti sebuah cinta yang datang dan pergi begitu saja, gw mulai tertarik dengan berita-berita soal politik. Kadang berita itu bikin gw berapi-api dan kadang berita itu bikin gw sedih. Gw semangat ketika melihat ada banyak orang-orang yang masih punya hati dan berbuat sesuatu yang berdampak besar bagi bangsa ini. Tapi di satu sisi gw suka sedih kalau liat mereka-mereka yang mengorbankan kepentingan bangsa ini demi memuaskan nafsu mereka pribadi.

Dalam setiap lamunan gw baik di WC maupun di kamar, kadang gw suka membayangkan siapa gw di masa yang akan datang. Gw selalu berharap gw bs terlibat langsung dalam pemerintahan. Jadi walikota, gubernur, menteri, bahkan presiden. Gw selalu memimpikan bangsa ini jadi bangsa yang besar. Hingga akhirnya kerjaan dan ingatan tentang si dia membangunkan gw dr lamunan itu. Mengingatkan gw kalau banyak hal yang belum gw selesaikan hari ini.

Gw punya impian dan harapan gw untuk apa yang akan gw kerjakan di masa mendatang bagi bangsa ini. Tapi gw ga tau jawaban untuk 2 pertanyaan sebelumnya. Apa yang sudah dan sedang Anda kerjakan bagi bangsa ini? Bagi gw pertanyaan itu bikin gw flashback sebenernya selama ini gw ngapain sih?

Apa jadi anggota PASKIBRA termasuk berbuat sesuatu bagi bangsa ini? Apa rajin berdoa bagi bangsa ini termasuk? Apa dengan gw masuk HIMA bisa dihitung berbuat sesuatu bagi bangsa ini? Apa jadi ASDOS termasuk? Apa mengajar di panti asuhan termasuk berbuat sesuatu bagi bangsa ini? Apa dengan tetap memilih kerja di Indo dibanding kerja di luar negeri termasuk berbuat sesuatu bagi bangsa ini? Apa dengan jadi ketua Youth di gereja, saya bisa dibilang berbuat sesuatu bagi bangsa ini?

Kalau emang itu belum bs dihitung, saya mohon Bapak/Ibu memberikan saya kesempatan untuk menerima beasiswa S2 itu. Supaya saya bisa belajar bagaimana saya berbuat sesuatu bagi bangsa ini. Saya berjanji saya tidak akan menyia-nyiakan kesempatan untuk belajar lebih lagi. Supaya di kemudian hari saya bisa berbuat sesuatu yang lebih besar lagi bagi bangsa ini.

*post ini terinspirasi dari kegalauan gw menjawab pertanyaan apa yang sudah, sedang, dan akan Anda lakukan bagi bangsa ini sebagai syarat mengajukan beasiswa S2.


Actions

Information

Leave a Reply

