Review 2014

30 12 2014

Hmmnn.. Setelah sekian lama ga nulis di blog ini, di sela-sela berbagai kesibukan yang sangat padat belakangan ini saya berusaha untuk menyempatkan diri untuk mengisi halaman-halaman web di blog ini(lebay sih sebenernya mah lowong, cuma memang dasarnya lagi males aja).
Oke… Entah bagaimana ceritanya waktu berjalan terasa begitu cepat. Sangat cepat malah. Sampai-sampai kita sampai kembali di penghujung tahun. Kalau dipikir-pikir, gw nulis blog itu cuma di awal tahun, tengah tahun, sama di akhir tahun aja. Hahaha.. Sangat tidak konsisten nih yah. Buat gw blog mengingatkan gw akan berbagai hal atau momen-momen penting yang berlangsung dalam hidup gw ini. Mungkin semacam catetan diari gitu kali yah.
Ngomongin 2014, seperti yang sudah gw duga, taun ini memang jadi taun yang cukup berat dan penuh perjuangan buat gw. Gw menghabiskan malam pergantian taun di bundaran HI kota Jakarta. Gw masih inget banget waktu itu gw jalan sama Silvani, Doni, Olin, Komeng, dan Yesika. Seru banget sih waktu itu. Gw masih inget juga kita terjepit di tengah kerumunan orang-orang di pusat kota Jakarta, kita didorong-dorong dan dipaksa untuk ikut arus. Sampai di satu titik kita harus memutuskan untuk memanjat sebuah pagar untuk bisa keluar dari kerumunan orang-orang itu.
Gw inget banget Yesika waktu itu bilang, mungkin dari kejadian itu kita bisa belajar satu hal, “Tahun 2014 nanti, arus sebesar apapun yang mendorong kita, kita harus percaya kalau kita bisa melewatinya. Ga ada yang mustahil untuk kita lewatin di 2014 nanti”
Kalimat pembuka tahun yang memang ternyata menggambarkan perjuangan gw taun 2014 ini. Hmmnn.. Dari awal gw memang sudah menerka taun ini akan ada perjuangan besar yang harus gw lalui(siga nu heeh nya).
Tapi memang terkaan si gw itu benar adanya. Perjuangan dimulai ketika gw dapet sebuah kesempatan besar untuk join salah satu company IT terbesar di Indonesia bahkan di dunia. Dimulai dari rasa bosan gw di Accenture dan niat gw untuk meninggalkan tempat itu setelah kontrak gw selesai nanti, gw mulai browsing-browsing kerjaan di jobsDB dan jobstreet. Gw liat beberapa kali perusahaan besar ini buka lowongan dan gw pun iseng-iseng untuk apply. Sekali ga diterima, dua kali ga diterima, tiga kali masih failed juga. Hmmnn.. Memang susah berarti masuk sini.
Suatu pagi, brother in crime “Gde Mahardika” nge-BBM di grup. Perusahaan yang selama ini gw incer itu lagi buka lowongan. Gw pun dengan semangat kontek beliau dan titip CV ke dia. Secercah harapan pun muncul. Gw ditelepon sama HR nya mereka untuk interview di sana. Dengan penuh semangat dan antusias, gw pun mengiyakan undangan interview tersebut. Gw dpt jadwal interview senin siang. Hari jumat malem, si Gde ngajak ketemuan. Dia menjelaskan berbagai hal soal JAVA OOP. Luar biasa memang, nyaris setaun gw ga pegang programming trus disuguhkan high level JAVA OOP, rasanya kepala ini mau meledak. Hahaha.. Ternyata ada banyak hal yang masih blm gw kuasai. Sabtu dan Minggu gw habiskan dengan belajar, belajar, dan belajar untuk interview senin.
Tibalah hari senin, hari yang bersejarah dalam kehidupan umat manusia, hari yang akan menjadi tonggak besar perjuangan bangsa ini(asa lebay euy). Hmmnn.. Bangun pagi langsung doa dan saat teduh. Mandi dan pergi ke kantor. Malem sebelumnya gw udah janji sama Tuhan dan diri gw sendiri. “Secara manusia gw pengen gw lolos interview ini dan join company tersebut, tapi gw percaya Tuhan yang paling tau apa yang terbaik buat gw.”
Berbekal iman kepada Tuhan dan doa yang tulus dari si Papah dan si Mamah, gw pun berangkat ke tempat interview. Waktu menunjukkan pukul 12.45, jantung gw berdegup tidak menentu. Rasanya kaya mau nembak gebetan #ehhh.. Dengan kaki gemeter, gw pun melangkah masuk lift. Gw ga mencet apa-apa tiba-tiba pintu lift kebuka(ada orang laen yang mencet soalnya). Trus kejadian yang sama terulang waktu gw turun di lift. Tanpa dikomando apa-apa, lift berhenti tepat di lantai company tersebut. Hebat bener ini gedung pikir gw. Dia bisa tau gw mau turun di lantai berapa. Tidak lama kemudian ternyata ada pegawai yang satu lift sama gw😛.
Interview dimulai dengan tes tertulis. Dan sepertinya tes tertulis pun sudah cukup untuk menggambarkan hasil interview ini. Tapi nasib berkata lain, gw tetep di-interview sama 2 orang pegawe mereka. Dan interview itu pun hanya memastikan bahwa memang gw belum cukup layak untuk join company itu. Dan Anda tau company apakah itu? SAMSUNG. Yupz, salah satu raja elektronik dunia. Gadget-gadget yang diidam-idamkan oleh jutaan anak-anak muda di seluruh penjuru dunia.
Gw dapet kesempatan besar untuk join ke sana, tapi gw failed entah itu karena nasib, takdir, jalan-Nya Tuhan, atau mungkin karena memang gw belum bener-bener siap masuk sana.
Hari-hari setelah interview gw itu hanya gw habiskan dengan rasa kecewa dan rasa ingin mengulang kembali interview tersebut sambil sesekali gw berharap ada sebuah keajaiban. Nama gw ketuker sama peserta interview yang lain, bagian HR tiba-tiba tersentuh hatinya dan memilih gw, pegawe itu suka dengan gw, atau apalah itu yang penting ada keajaiban. Hari demi hari gw lewatin setelah interview itu, ya tapi mungkin memang keajaiban itu hanya ada di dunia dongeng. Sama kaya kita pengen mengulang waktu yang cuma ada di Doraemon. Seminggu itu gw bener-bener terpuruk menyesali keadaan. Udah ga ada semangat hidup. Rasanya karir gw udah abis. Rasanya ga akan ada jalan keluar. Gw kecewa dengan berbagai hal. Gw flashback ke belakang kenapa sih gw dulu ga ini, kenapa sih gw dulu ga itu.
Trus gimana ceritanya sampe gw bisa melewati fase berat ini. Apakah gw terpuruk sampe minggu-minggu berikutnya? Apakah gw bisa menemukan jalan keluar dari rasa frustasi gw ini? Apakah keajaiban itu akhirnya datang?
Penasaran kan? Kalau penasaran tunggu yah post gw berikutnya. Kalau ngga penasaran ya udah. Gw tetep posting qo kelanjutan ceritanya. Orang gw cuma basa-basi aja. Jangan ke-Geer-an yah. Hahaha..


Actions

Information

Leave a Reply

