14 Top Things to Do

5 12 2013

Hi All,
Ga kerasa yah kita akhirnya sampai juga di bulan terakhir di tahun 2013 ini. Gimana perasaannya? Apa aja yang udah terjadi selama 2013 ini? Gw yakin pasti kalian banyak mengalami kejadian-kejadian seru selama 2013 ini. Gw yakin juga pasti udah banyak hal-hal luar biasa yang udah kalian capai selama setahun ini.
Hmmnn.. Akhir tahun ini biasanya identik dengan evaluasi diri. Kita lihat apa aja sih yang udah dan yang belum kita capai selama setahun ini. Akhir tahun juga jadi waktu yang bagus untuk kita melihat lagi rencana-rencana yang pernah atau sedang kita susun untuk masa depan kita.
Nah, di postingan gw kali ini gw mau sharing tentang 14 hal yang sebaiknya harus kita lakukan selama 2014 nanti. Sebenernya artikel ini gw dapet dari Om BillyBoen setahun yang lalu. Judulnya 13 top things to do in 2013. Cuma berhubung kita mau masuk taun 2014, gw tambahin aja jadi 14 things. Hehe… Oh iya, buat yang ga tau siapa itu Om Billy Boen, beliau adalah salah satu penulis buku best seller di Indonesia. Mungkin temen-temen pernah denger tentang Young On Top. Nah beliau adalah Founder sekaligus mentor di YoungOnTop. Buat info lebih lanjut tentang Om Billy Boen nanti di akhir post ini gw bakalan cantumin referensi dari mana gw dapet postingan ini. Hehe…
Oke langsung aja, berikut 13 top things to do menurut Om Billy Boen:

1. Buat apa aja yang mau dicapai dalam setahun

goal

– Kenapa: Tulis kenapa ini penting untuk Agan?
– Kapan: Tulis kapan akan mulai mengerjakan, dan kapan batas akhir untuk target penyelesaiannya

2. Perbanyak teman & maintain pertemanan

friendship

Menurut Om Billy Boen, beliau ngga pernah dengar ada orang yang bilang, “Saya rugi punya teman banyak”. Kalau orang bilang kita harus siap ketika kesempatan datang, dia selalu bilang, “Ngapain nunggu kesempatan datang kalau kita bisa nyiptain kesempatan?” Gimana caranya? Dengan punya banyak teman. Pastikan dari waktu ke waktu hubungi teman-teman Agan, via sms/bbm/telp, “Hi apa kabar? Semoga sehat-sehat selalu ya”

3. Baca buku

book

Rata-rata CEO di Amerika baca 35 buku per tahun. Tips baca buku dari beliau:
Jangan cuma baca judul-judul babnya trus berpikir bahwa kita sudah tahu semuanya. Yes, mungkin kita udah tau, tapi kekuatan sebuah buku adalah kalimat per kalimat yang dituliskan si penulis. Dari 1 buku, pasti ada 1-5 kalimat/quote yang powerful. Jadi ketika baca buku, be open minded. Mungkin kita sudah tau semuanya, tapi pastinya, hal-hal yang ditulis bisa jadi reminder untuk kita.

4. Ikuti seminar / workshop

workshop
Seminar banyak yang gratis. Yang murah (dibawah Rp. 200ribu) banyak, yang mahal juga banyak. Masing-masing punya alasannya tersendiri kenapa harganya segitu, dan pasti masuk akal. Yang mahal, mungkin karena diadakan di tempat yang mahal, ada lunch/dinner + coffee break, dan fee pembicaranya mahal, dsb. Kalau memang belum punya uang, coba cari yang gratisan/murah. Pasti ada yang bisa ‘dibawa pulang’ dari seminar/workshop. Mau jadi orang sukses? Ini salah satu investasi yang harus dilakukan..

5. Ikut organisasi (kampus, luar kampus/kantor)

organizationAda ‘jutaan’ organisasi di luar sana. Ikut. Kenapa penting? Ini mengasah interpersonal/social skill kita. Ngga ada orang sukses yang ngga tau cara bawa diri.. ngga ada yang ngga ngerti gimana cara berinteraksi dengan orang lain. Ikut organisasi juga bisa untuk ningkatin rasa tanggung jawab yang kita miliki, termasuk respect ke orang lain, berpikiran terbuka, on time ketika rapat, deliver tanggung jawab sesuai dengan waktu yang ditentukan, dan sebagainya. Dan ini semua diperlukan untuk sukses.

6. Menulis blog

blogRata-rata orang pintar adalah orang yang bisa menulis. Om Billy ngga pernah punya pendidikan formal untuk menulis. Dan hingga saat ini, tulisannya ini ya begini.. ngga ada aturannya. I don’t care. Yang paling penting bagi adalah apa yang ditulis.. pesannya.. bisa diterima dengan baik oleh pembaca. Ngga perlu masukin kata-kata ‘besar’ supaya dianggap pintar. No. itu ngga penting. Kenapa orang-orang pintar adalah orang yang bisa menulis? Karena sebelum menulis, seseorang harus peka terhadap lingkungan sekitar, nonton berita, baca buku, dan sebagainya. Ngga mungkin, ngga tau apa-apa trus nulis.

7. Jalan-jalan

holiday
Hampir semua orang suka travelling. Ini penting karena 1) buat refreshing, ngasih kesempatan buat diri kita nge-recharge ourselves. 2) untuk dapetin inspirasi. Jadi, kalau tahun 2013 lalu ngga sempet jalan-jalan, pastiin tahun 2014 Agan jalan-jalan. Ngga perlu ke luar negeri, ke luar kota bisa kan?

8. Volunteer

volunteer
Ketika kita volunteer, kita akan ‘dikasih lihat’ hal-hal yang biasanya tidak kita lihat di kehidupan kita sehari-hari. Apakah volunteer di kegiatan sosial di panti jompo, panti asuhan, penggalangan dana, donor darah, bencana alam, dan sebagainya. Apa untungnya? Kita diingatkan untuk mau dan mampu bersyukur akan hidup kita.

9. Mulai berbisnis kecil-kecilan

businessHampir semua orang mau sukses, mau jadi pebisnis. Kalau cuma mau mau mau mau mau, tapi ngga mulai-mulai, ya kapan jadi pebisnis suksesnya? “Ngga ada modal, Agan Billy”. Mulai dari modal sekecil mungkin. Ini tujuannya untuk minimize risk. Jadi kalaupun gagal, Agan ngga ngerasa ‘sakit’ banget. Dan untuk bangkitnya lagi, jadi lebih gampang.

10. Menonton acara TV yang inspiratif

inspirationTujuan utama Om Billy meng-iyakan untuk buat program acara TV mingguan di Metro Tv (setiap Sabtu 15.30-16.00) adalah biar bisa mengajak orang-orang sukses di Indonesia untuk berbagi, dan agar anak-anak muda Indonesia bisa terinspirasi dan belajar dari mereka. Take advantage dari acara ini dan semacamnya yang ada. Jangan cuma nonton sinetron percintaan dan pocongk-pocongkan terus…

11. Jaga makan

eatPercuma sukses kalau sakit-sakitan. Dan menurut orang yang sehat, jaga makan itu justru presentasenya lebih besar (lebih penting) daripada olah raga. Jadi untuk yang males olah raga.. at least jaga makan! Hindari junk food.

12. Olah raga teratur

sportKalau udah bisa jaga makan, kenapa ngga coba push yourself untuk juga olah raga. Dari 52 minggu dalam setahun berapa banyak waktu yang kita sediain untuk berolahraga? Setidaknya, yang paling penting dari olah raga itu adalah: kesadaran bahwa hidup sehat itu penting.

13. Rayakan & buat resolusi 2014

resolutionTgl 31 Desember 2013 jam 21.35.. coba lihat kebelakang.. liat apa aja yang sudah Agan lakukan sepanjang 2013. Apa yang berhasil, apa yang belum berhasil. Rayakan. Dan buat resolusi 2014. Jangan lupa masukkin apa-apa aja yang masih tertunda, dan pastikan untuk Agan capai di 2014.

Nah itu 13 top things to do yang gw dapet dari Om Billy Boen. Nah berhubung taun depan adalah 2014. Maka gw berinisiatif untuk menambahkan 1 poin penting lagi. Apa itu??

14. Berdoa dan Saat Teduh Pribadi

pray

Hmmnn.. Keliatannya simple yah, tapi ini sering kali kita langgar. Sepanjang 2013 kemaren, apakah kita konsisten doa dan saat teduh setiap pagi hari? Apa kita konsisten mengucap syukur setiap malem? Kalau belum mungkin ini saatnya untuk terus memperbaiki diri. Di akhir tahun ini kita mungkin diingatkan lagi untuk mempererat hubungan kita dengan Sang Pencipta. 13 hal di atas memang penting untuk kita lakukan. Mungkin di luar 13 hal di atas juga ada banyak hal-hal lain yang ingin kita kejar. Tapi semua itu hanya akan berakhir sia-sia kalau kita tidak melibatkan Tuhan di dalamnya.

Akhir kata saya mengucapkan selamat melakukan evaluasi diri. Selamat buat setiap pencapaian-pencapain yang sudah kamu capai sepanjang tahun 2013 kemaren. Selamat berjuang untuk mencapai tujuan-tujuan yang lebih besar di 2014 nanti. 2013 sebentar lagi akan segera berakhir. Mari kita sambut tahun baru 2014 dengan semangat yang baru pula.

Sumber:
Billy Boen
CEO, PT. YOT Nusantara
Shareholders Rolling Stone Cafe Jakarta & PT. Jakarta International Management (JIM)
Founder & Mentor @youngontop

Twitter >> @billyboen
Sign up, be YOTers >> http://www.youngontop.com
Facebook >> http://www.facebook.com/billyboenYOT

Saksikan #YOTMetroTv setiap Sabtu 15.30-16.00, jangan lewatkan #YOTSindoRadio setiap Selasa 19.00-20.00.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: