Gambar Diri

25 11 2013

Hi All,
Lama tidak berjumpa.. Hoho… Sekarang gw mau bahas sesuatu yang menurut
gw penting. Menurut gw yah, ga tau menurut kalian. Hehe… Ngga sih gw
yakin ini juga penting buat kalian-kalian. Gw mau bahas tentang gambar
diri. Kenapa sih gw tertarik bahas gambar diri? Karena gw liat di
lingkungan gw sekarang ini ada banyak orang-orang yang gambar dirinya
rusak. Apa sih gambar diri itu? Kenapa gw harus tau tentang gambar diri?
Emang kenapa gitu kalau gambar diri gw rusak? Masalah buat lo? Toh gambar
diri gambar diri gw? Penasaran kan. Sabar yah. Kita tunggu setelah pesan-
pesan berikut ini. *Loh qo. Baru juga mulai nge-post. Ckckck.. Becanda-
becanda. Gw bahas di bawah ini langsung deh.
Sebelum lanjut nge-post, gw mau ngomong dulu di awal deh. Gw cerita ini
bukan berarti gw udah perfect. Bukan berarti gw lebih jago soal beginian
dari kalian. Gw juga masih terus belajar qo. Gw percaya ga ada yang
sempurna kecuali Tuhan. Gw cerita ini dari berbagai sumber. Hasil gw
baca-baca. Gw juga menyadari banget kalau gw pun masih punya banyak
kekurangan. Jadi kita di sini sama-sama sharing aja. Bukan untuk saling
menghakimi, tapi kita liat aja diri kita sendiri apakah kita orang yang
kaya gitu. Hehe.. Setuju?? Kalau setuju langsung kita lanjut deh.

gambar_diri2

gambar_diri
Jadi apa itu gambar diri? Mari kita lihat definisi-definisi berikut ini.
1. Menurut Raja Salomo dalam Amsal 23:7.
“For as he thinks within himself, so he is” yang artinya Gambar diri
adalah apa yang kita pikirkan dan rasakan tentang diri kita.
2. Menurut http://www.truth-media.com
Gambar diri adalah pemahaman seseorang mengenai siapa dirinya dan harus
menjadi apa atau bagaimana dirinya tersebut.
3. Menurut pandu.katolik.or.id
Gambar diri (self image) adalah gambaran yang kita miliki tentang diri
kita, yakni siapakah diri kita menurut kita sendiri.
4. Menurut Pdt. Jarot Wijanarko(rock.or.id)
Gambar diri adalah bagaimana kita menilai diri kita dan berhubungan dengan
diri kita.

Cukup segitu deh yah definisinya. Daripada makin bingung. Hehe..
Berdasarkan definisi-definisi tersebut dapat kita simpulkan bahwa GAMBAR
DIRI ADALAH GAMBARAN YANG SESEORANG MILIKI/LIHAT/RASAKAN/PIKIRKAN TENTANG
DIRINYA SENDIRI. Secara lebih mudah mungkin kita bisa mengartikan sebagai
“siapakah aku”.
Pertanyaannya sekarang sejauh mana kita mengenal diri kita sendiri dan
apakah kita sudah punya pandangan yang bagus tentang diri kita sendiri
atau jangan-jangan selama ini kita tidak mengenal siapa kita sebenarnya.
Bahkan yang lebih parah lagi jangan-jangan kita tidak menyukai keberadaan
kita sendiri. Kita membenci diri kita sendiri. Wah bahaya banget tuh.
Kalau kita sendiri aja ga menyukai diri kita, gimana orang laen mau suka
sama kita. Iya ga sih?
Tapi faktanya ga semua orang punya gambar diri yang benar tentang dirinya.
Ga semua orang memandang dirinya itu sebagaimana seharusnya. Akibatnya
apa? Banyak banget.. Ini beberapa contohnya:

1. Minderan

minder
Yupz.. Pernah ga sih kamu merasa minder? Kenapa sih si Joko ganteng
banget, kenapa sih saya ga secantik si Tuti? Coba aja gw sekaya
keluarganya Toni. Ah, gw kan orangnya ga pinter, ga bisa ngomong, dsb.
Teman-teman.. Kalau saat ini kamu orangnya gampang minder, mungkin itu
salah satu tanda kalau gambar diri kamu lagi rusak.

2. Pesimisan

pesimis
Mungkin minder sama pesimis mirip-mirip kali yah. Orang yang minderan
cenderung akan jadi orang yang pesimis. Takut gagal dan ga berani
melangkah maju.

3. Emosian

emosi
Mungkin temen-temen pernah ketemu sama orang yang sedikit-sedikit marah,
sedikit-sedikit marah, marah qo sedikit-sedikit. Nah itu bisa jadi dia
punya gambar diri yang rusak. Dia merasa ada yang salah dengan dirinya
makanya dia melampiaskan emosinya itu ke segala macem cara. Salah satunya
dengan marah-marah.

4. Kepahitan

kepahitan
Nah kalau yang ini sih mungkin lebih keliatan jelas lagi. Mungkin temen-
temen pernah liat orang yang mendem kepaitan. Dia cenderung ngeliat segala
sesuatu dari kacamata yang negatif. Suka ngejelek-jelekin orang, pokonya
di mata dia ga ada yang positif deh. Nah itu juga salah satu gejala gambar
diri yang rusak. Karena ada yang ga beres dalem dirinya, makanya dia
melihat segala sesuatu itu ga beres juga. Begitu..

5. Penolakan

penolakan
Pernah liat anak-anak nakal, geng motor, tawuran. Nah itu juga salah satu
gejala kalau ada yang salah dengan gambar diri mereka. Mereka merasa tidak
diterima di suatu komunitas makanya mereka mengeksistensikan diri mereka
dalam suatu hal. Sayangnya mereka melampiaskannya kepada cara yang salah.
Mereka mencoba segala cara supaya orang-orang mau menerima mereka.

6. Kesempurnaan

perfeksionis
Nah ciri-ciri gambar diri yang rusak ga selalu bicara hal-hal yang negatif
qo. Ada juga yang larinya ke hal yang positif. Cuma positifnya kelewatan.
Apa itu? Salah satunya adalah perfeksionis. Dalam hal ini ga semua orang
yang perfeksionis berarti gambar dirinya rusak. Ini bisa dibilang rusak
kalau perfeksionisnya berlebihan. Contoh: dia ngaca di depan cermin sampe
berjam-jam supaya kelihatan rapih dan enak dilihat. Dalam hal kerjaan dia
ga PD dgn apa yang dia kerjain dan harus dicek bahkan direvisi berulang-
ulang. Dalam hal pergaulan juga sama. Mereka cenderung menuntut
lingkungannya untuk sempurna sesuai dengan yang dia mau.

7. Ambisiusan

ambisius
Mungkin yang ini mirip-mirip juga sama kesempurnaan tadi. Mungkin ga salah
juga seseorang punya ambisi. Yang salah adalah ketika ambisinya itu harus
tercapai dengan menghalalkan segala cara. Nah orang-orang yang punya
gambar diri rusak akan berusaha keras mewujudkan ambisinya untuk
membuktikan bahwa dia bisa.

Berdasarkan contoh-contoh di atas, bisa kita simpulkan bahwa orang yang
gambar dirinya rusak akan lari ke 2 kemungkinan. Kemungkinan yang pertama
dia akan menarik diri dari pergaulan karena minder dan merasa tidak
berarti. Kemungkinan yang kedua dia akan menunjukkan eksistensi dia namun
dengan cara yang salah. Pada dasarnya orang yang gambaran dirinya rusak
memiliki kepahitan terhadap apa yang ada di sekelilingnya. “Dia tidak bisa
melihat dunia sebagaimana seharusnya. Dia melihat dunia sebagai sebuah
ancaman. Mereka melihat diri mereka sebagai korban yang terperangkap dalam
lingkungan yang kejam. Orang dengan gambar diri yang buruk sering
melakukan perendahan ganda. MEREKA MERENDAHKAN DIRI DENGAN BERHARAP ORANG
LAIN AKAN MENINGGIKAN MEREKA ATAU MEREKA MERENDAHKAN ORANG LAIN AGAR BISA
MENINGGIKAN DIRI SENDIRI.” – teologipintu.blogspot.com

Nah, dari 7 poin di atas sebenernya bisa kita rangkum jadi 4 poin di bawah
ini. Menurut teologi.blogspot.com ada 4 konsep diri yang keliru dari
mereka yang mempunyai gambar diri yang rusak:

1. Perangkap penampilan

perangkap_penampilan
Kepercayaan orang-orang ini adalah saya harus memenuhi standar-standar
tertentu supaya saya merasa enak dengan diri saya sendiri. Akibatnya
adalah takut gagal, perfeksionis, mengejar kesuksesan, memanipulasi orang
lain demi kesuksesan, menarik diri dari resiko.

2. Gila pengakuan

gila_pengakuan
Kepercayaan orang-orang ini adalah saya harus diakui (diterima) oleh
orang-orang tertentu supaya merasa enak terhadap diri saya sendiri.
Akibatnya: takut tertolak, berusaha menyenangkan orang lain dengan harga
apapun; sangat sensitif terhadap kritik, menarik diri dari orang lain
untuk menghindari pencelaan (tidak diakui).

3. Sikap menyalahkan orang

menyalahkan
Kepercayaan orang-orang ini adalah barangsiapa yang gagal (termasuk diri
sendiri) tidak layak dikasihi dan pantas dihukum. Akibatnya: takut
dihukum, menghukum orang lain, karena kegagalan pribadi menarik diri dari
Allah dan orang lain, lari dari kegagalan.

4. Rasa malu

malu
Kepercayaan orang-orang ini adalah saya sudah bagini. Saya tidak bisa
berubah. Saya tidak berpengharapan. Akibatnya: merasa malu, tidak
berpengharapan, rendah diri, pasif, kehilangan kreativitas, mengasingkan
diri, menarik diri dari orang lain.

Nah gimana? Apakah kita termasuk dalam ciri-ciri tersebut? Mungkin
terkadang tanpa kita sadari kita suka melakukan hal-hal tersebut. It’s ok.
Yang namanya hidup ini kita terus menerus diselaraskan. Ketika kita
melenceng kita harus selalu sadar untuk terus berjalan di trek yang benar.
Nah, ga ada masalah yang tanpa solusi. Trus apa dong solusinya kalau
ternyata gw memang punya gambar diri yang rusak?
Sabar Boss.. Ini beberapa solusi yang gw dapet dari jawaban.com:

1. Manusia diciptakan dengan Gambar Allah

segambar_dengan_Allah
Hal pertama yang harus kita sadari adalah kita diciptakan segambar dan
serupa dengan Allah. Lalu kenapa kalau kita diciptakan segambar dan serupa
dengan Allah kita bisa memiliki pandangan yang buruk tentang diri kita
sendiri? Jawabannya adalah karena dosa. Dosa telah merusak Gambar Allah
yang ada dalam diri kita. Si Jahat menghakimi kita, kalau kita berdosa
kita najis kita bejat kita jelek kita rusak. Penghakiman-penghakiman yang
kita terima itulah yang membuat gambar diri rusak.

2. Pengampunan memulihkan citra diri yang rusak

pengampunan
Dosa memang telah merusak Gambar Allah yang ada dalam diri kita. Tapi
Allah telah mengutus putra-Nya yang tunggal untuk memulihkan hubungan kita
dengan Allah yang telah rusak. Kita harus menyadari kalau diri kita memang
memiliki kelemahan. Tapi bukan berarti kita harus membenci keberadaan diri
kita. Kita harus belajar mengampuni baik itu mengampuni diri kita sendiri
maupun mengampuni orang lain yang telah menyakiti hati kita. Dan yang
terpenting adalah kita mengakui segala dosa kita di hadapan Allah. Ketika
hubungan kita dengan Allah dipulihkan maka citra diri kita pun ikut
dipulihkan. Mengapa? Karena Tuhan itulah sumber citra diri yang benar.

3. Diselaraskan terus menerus

diselaraskan
Tidak ada manusia yang sempurna. Mungkin itu kalimat yang sangat sering
kita dengar. Faktanya memang tidak ada manusia yang sempurna. Namun bukan
berarti kita pasrah dengan keadaan kita begitu saja. Hidup ini adalah
sebuah proses untuk terus menerus diselaraskan untuk menjadi segambar dan
serupa dengan Allah.

Hmmnn.. Ga kerasa panjang juga yah. Akhir kata gw berharap tulisan gw ini
bisa bermanfaat buat kalian semua. Satu hal yang perlu kalian inget tidak
ada manusia yang sempurna. Mungkin orang laen ga sempurna, tapi kita juga
harus liat bahwa kita pun tidak sempurna. Tapi kita harus mau belajar
untuk terus menerus diselaraskan agar sesuai dengan Gambar dan Rupa Allah.
Ketika Tuhan menciptakan saya dan kamu, Tuhan mempunyai rancangan yang
indah buat kehidupan setiap kita. Mungkin dunia boleh mengatakan yang
jelek-jelek tentang kita. Mungkin dunia boleh menghakimi kita adalah
manusia yang tidak berarti, manusia yang tidak berguna, manusia yang
terbuang tapi satu hal yang perlu selalu kita ingat ada “Tuhan yang
mengasihi kita, dia punya rencana yang indah untuk setiap kita”.

Ijinkan saya menutup tulisan panjang ini dengan sebuah lagu sekolah minggu
yang memiliki makna yang mendalam lagu ini terus mengingatkan saya kalau
saya istimewa di mata Tuhan:
“Ku Istimewa”
Dunia boleh katakan ku tak berarti
Dunia boleh katakan ku bukan siapa siapa
Tapi ku hanya dengar apa kata Yesus
Dia katakan ku istimewa

Ku istimewa
Karna aku milik-Nya
Ku istimewa
Berharga di mata-Nya
Ku istimewa
Yesus mengasihiku
Dia lahir dalam hatiku dan jadikan
Ku istimewa

— Kita istimewa bukan karena kehebatan kita, kita istimewa karena Tuhan
yang menjadikan kita istimewa. —

Sumber:
http://www.truth-media.com/pemulihan-gambar-diri

http://www.ipcchurch.org.au/resources/sermon/Mengenal%20Jatih%20Diri.html

http://pemulihangambardiri.blogspot.com/2010/04/dua-belas-langkah-dan-
prinsip-prinsip.html

http://teologipintu.blogspot.com/2010/10/membangun-konsep-diri-yang-
alkitabiah.html

http://pandu.katolik.or.id/2012/03/20/seminar-pemulihan-gambar-diri-self-
image-healing-seminar/

http://rock.or.id/?p=1794

http://www.jawaban.com/index.php/mobile/spiritual/detail/id/57/news/131009
165954/limit


Actions

Information

Leave a Reply

