Journey of Success

17 11 2013

Udah dulu yah ngomongin cinta-cintaanya.. Hehe… Sebenernya selama kuliah itu masih ada 2 cerita cinta lagi yang belum gw tulis. Cuma 2 cerita itu gw simpen dulu deh, ada beberapa alasan yang jadi pertimbangan kenapa gw simpen dulu. Yang pertama karena pasti ga semua orang menduga itu terjadi. Sedangkan yang kedua masih dalam tahap usaha walaupun rada ga jelas juga sih. Hehe…
Ngomongin soal usaha itu identik dengan apa yang kita kerjakan. Nah ngomongin soal apa yang kita kerjaan itu identik dengan pekerjaan. *Maksa pisan yah nyambung-nyambunginnya… Hehe… Intinya sih gw mo ngomongin soal perjalanan pekerjaan gw. Titik. Ribet yah pake harus muter-muter dulu.
Hmmnn.. Pertama kali ngerasain dunia kerja itu waktu PKL pas SMK. Gw PKL di 2 tempat. Tempat yang pertama itu PT. PINDAD Persero yang kedua gw PKL di Bank BTN.

PT. PINDAD PERSERO

Masing-masing durasinya 3 bulan. Cerita satu-satu dulu yah.. Dimulai dari PINDAD. Gw PKL di situ bulan Oktober sampe Desember 2008. Satu minggu setelah lebaran tahun itu. Gw PKL bareng temen gw Fajri. Sebelumnya pada tau kan PINDAD itu apaan? Jadi PINDAD itu sejenis ikan yang bisa dimakan. Itu pindang Pa?? ==” Hehe… PINDAD itu adalah sebuah industri yang bergerak di bidang penyediaan berbagai produk untuk militer seperti senjata api, bahan peledak, peluru, panser, dll. Kalau di Bandung lokasinya ada di daerah Gatot Subroto ujung. Di sana gw ngerjain desain aplikasi buat master data penggajian. Waktu itu pake Microsoft Visual Foxpro. Di sekolah dulu basic kita sebenernya Visual Basic sama Java, tp berhubung pembimbing gw pakenya Visual Foxpro terpaksa deh kita ngikut-ngikut aja. Secara umum seru sih di sana. Selain kerjanya ga terlalu berat, lingkungannya juga enak. Waktu pertama masuk kita bakalan disambut oleh Bapak-Bapak security yang selalu stand-by mengamankan pintu masuk. Pengamanannya memang agak ketat, maklum soalnya ini urusan senjata. Bahaya juga kan kalau ada senjata-senjata yang diselewengkan dan jatuh ke pihak yang tidak bertanggung jawab. Hehe.. Lepas dari pintu gerbang kita bakalan disambut sama pohon-pohon rindang yang menjulang tinggi. Berasa di hutan lindung gitu deh. Gw waktu itu ditempatin di Departemen ORSIS(Organisasi dan Sistem). Dari pintu gerbang jalan ke departemen gw itu kurang lebih 2-3 menit kalo jalannya cepet. Tapi enak qo, hawanya adem soalnya banyak pohon. Departemen ORSIS bangunannya lebih kaya rumah jaman Belanda. Adem lah pokonya mah. Enak dipake buat tidur juga. Hehe.. Di sana juga tiap siang gw dikasih makan siang bareng-bareng sama pegawe PINDAD yg laen di ruang makan. Selesai PKL di sini gw diajakin temen gw untuk pindah ke BTN(Bank Tabungan Negara) tepatnya di jalan Jawa.

Bank Tabungan Negara
PKL gw dimulai akhir Desember dan berakhir di bulan Maret. Gw bareng 3 temen gw. Chandra alias Joe, Eka alias Bkok, dan yang terkahir Wissin ga punya nama alias kalo dia. Hehe.. Gw ditempatin di bagian Loan Service, jadi itu bagian buat customer service-nya orang yang mau minjem uang ke BTN. Wissin ditempatin di bagian HRD, sedangkan Joe dan Bkok ditempatin di bagian Loan Admin(urusannya sama dokumen setelah pengajuan pinjaman di approve).
Di bagian loan service gw kerja ngurusin dokumen-dokumen pengajuan kredit rumah. Di situ gw jadi ngerti proses pengajuan kredit rumah itu sampe akhirnya di approve. Di loan service gw sering ga ada kerjaan, belakangan gw dipindahin juga ke loan admin bareng Joe sama Bkok. Di situ lumayan seru juga sih lebih bebas dibanding di loan service. Kalau di loan service gw sering berhadapan dengan developer rumah sama customer, sedangkan di loan admin lokasinya di basement jadi lebih bebas soalnya isinya pegawai semua. Di situ gw ngurusin administrasi surat-surat rumah. Trus masukin data-datanya ke database bank. Sering dapet makan-makan gratis juga di sini. Pernah seminggu sama sekali ga ngeluarin uang makan siang sama sekali soalnya tiap hari ada aja acara makan-makan dari client. Hehe..
Dari dua perusahaan ini gw dapet banyak pengalaman berharga. Gw jadi ngerti gimana kondisi kerja yang sebenernya di lapangan. Trus nambah banyak juga wawasan baik terkait sistem yang mereka terapkan dan juga proses-proses yang terjadi di perusahan tersebut. Setelah selesai dari 2 tempat PKL itu gw lanjutin tugas akhir gw di SMK trus gw juga masuk kuliah. Di tempat kuliah ini gw dapet banyak pengalaman menarik jg terkait kerjaan gw. Gw sempet handle beberapa proyek trus gw jg dapet kesempatan untuk KP di sebuah perusahaan yang luar biasa jg. Gimana ceritanya?? Sabar yah…

 

 


Actions

Information

Leave a Reply

