Cerita Selama Kuliah(Finally)

28 05 2013

Kuliah..
Hmmnn…
Sebuah perjalanan yang luar biasa. Ga kerasa 4 taun sudah gw ngelewatin banyak hal indah. Masih inget gimana gw begitu takut
menghadapi perkuliahan ini. Waktu itu gw bersyukur banget bisa keterima di ITHB dapet beasiswa masuk dan cuma bayar buat uang
semesteran aja. Tapi di sisi lain aku takut menghadapi apa yang ada di depan aku. Untuk dapet beasiswa, setiap semester gw harus dapet
IP(indeks prestasi) di atas 3,6.. Bukan pekerjaan mudah buat gw. Itu berarti gw harus dapet nilai A untuk setiap matakuliah yang gw
ambil dengan toleransi 2-3 matakuliah yang boleh dapet nilai selain A. Jujur, buat gw itu berat banget. Gw bukan orang yang jenius
yang bisa dengan mudah dapet nilai bagus. Butuh kerja keras pasti. Tapi keragu-raguan itu tetep ada dan tidak berhenti sampai di situ.
Masalah lainnya adalah lingkungan. 4 taun bareng sama temen-temen STM rasanya gw udah nyaman dengan kondisi seperti itu. Sekarang gw
harus pergi sendiri ke lingkungan yang baru. Selalu ada keraguan apakah nanti di lingkungan yang baru gw bisa diterima. Akhirnya gw
share ma Ci Cathryne ttg semua keraguan ini. Dan dia bilang, memang ga gampang untuk dapet IP segitu, butuh kerja keras, tapi kamu
harus mencoba, ini peluang bagus, mungkin Tuhan akan membentuk kamu jadi pribadi yang tangguh lewat kuliah di sana. Maju terus, Tuhan
pasti berjalan bersama kamu. Terharu denger nasihat itu dari Ci Cath. Dia pribadi yang luar biasa yang ngasih banyak support. Ngga
lama setelah gw telpon Ci Cath, di Maestro diputer sebuah lagu. Sebelum lagu itu diputer, ada kesaksian yang bilang kaya gini.. Tuhan
itu kekuatan kita, Dia gunung batu dan kota benteng kita. Segala keraguan kita mari kita serahkan kepada Tuhan. Percaya kalau Tuhan
selalu ada buat kita. Dan gw pun dikuatkan dengan lagu ini:

Tuhanlah kekuatan dan mazmurku
Dia gunung batu dan kes’lamatanku
Hanya pada-Mu hatiku percaya
Kaulah menara dan kota perlindungan

Ku mau s’lalu bersyukur
S’bab cinta-Mu padaku
Takkan pernah berubah
Hatiku percaya
Walau bumi bergoncang
Gunung-gunung beranjak
Namun kasih setia-Mu
Tak pergi dariku

Selama kuliah ada banyak banget cerita-cerita menarik yang boleh gw rasakan. Dan satu hal yang pasti, gw merasakan banyak banget
keajaiban-keajaiban yang Tuhan kasih selama gw kuliah. Semester pertama kuliah, karena gw ketua kelas, salah satu dosen ngasih gw
nilai bonus dan itu bikin gw dapet nilai A. Gw lupa semester berapa, waktu itu mata kuliah riset operasi gw udah hopeless saking ga
ngertinya tapi akhirnya gw dapet nilai A. Pernah juga waktu itu nilainya mepet-mepet. Semua mata kuliah nilainya udah keluar, tinggal
satu mata kuliah lagi dan harus dapet A untuk dapet beasiswa. Dan lagi-lagi secara ajaib matakuliah itu gw dapet A dan gw pun
terselamatkan. Kerja praktek ngasih cerita lain, waktu itu udah sempet ngelamar ke beberapa perusahaan dan ga ada respons positip
sampai akhirnya gw apply ke sebuah perusahaan yang namanya KONSEP.NET. Entah suatu kebetulan atau tidak, temen KP gw di CVnya nulis
klo dia ngerti aplikasi mobile. Alhasil kami pun ditugasi untuk mengerjakan aplikasi mobile. Jadi inget, dulu waktu ditanya nanti KP
mau bikin apa. Gw selalu jawab, pengennya sih bikin aplikasi mobile. Dan sepertinya Tuhan menjawab doa gw.
Sepanjang kuliah juga gw ngerasain anugrah yang luar biasa dari Tuhan. Sempet waktu itu mau kuliah tapi terhambat masalah biaya. Tuhan
menolong keluarga kami lewat salah satu keluarganya Papah. Yang jelas sepanjang kuliah ini gw merasa Tuhan itu baik banget. Bersyukur
buat setiap keajaiban yang Tuhan kasih selama gw kuliah.

Masa-masa yang paling galau selama kuliah adalah ketika bikin Tugas akhir. Mengumpulkan semangat memang bukan sesuatu hal yang mudah.
Apalagi ketika lagi patah hati. Hehe.. Waktu itu progress bikin TA lambat banget, 2 minggu menjelang sidang nyaris ga ada progress
yang berarti. Bahkan ketika hari pertama pekan sidang gw masih belum nunjukkin progress yang baik. Sampai akhirnya orang yang bikin
patah hati itu menghubungi gw dan nanya kapan gw sidang. Semangat itu muncul lagi berkali-kali lipat. Dan lagi-lagi secara ajaib gw
boleh sidang bulan itu dan bisa melalui sidan tersebut dengan cukup lancar.

Gw sadar betul tahun 2013 menjadi salah satu tahun yang penting dalam hidup gw. Kenapa?? Karena tahun ini ada banyak keputusan-
keputusan besar yang harus gw ambil. Awal tahun udah dibikin galau sama beberapa hal. Tugas akhir udah pasti, karir, dan yang terakhir
adalah cinta. Sebenernya kalo niat mungkin gw bisa menyelesaikan tugas akhir dengan lebih cepat, tapi ada 2 hal yang bikin gw lambat
dalam melangkah. Pertama adalah kepastian karir. Kedua adalah kepastian cinta. Awal taun dua-duanya memang belum pasti. Itu yang bikin
gw menunda-nunda TA. Satu per satu kepastian itu pun datang. Gw dapet kerjaan dan gw beresin TA. Satu hal yang masih belum pasti
adalah cinta. Yang jelas di tahun 2013 ini gw belajar kalau semua itu pasti ada waktunya. Semua yang mungkin saat ini belum pasti,
cepat atau lambat waktu yang akan membuka semuanya itu. Sama kaya pas awal tahun gw masih ragu dengan kerjaan gw, tapi saat ini gw
dapet kepastian kerjaan tersebut. Yang pasti semua akan indah pada waktu-Nya. Amin.

Selesai cerita tentang tugas akhir, berarti selesai juga cerita gw tentang kuliah. Yang jelas gw bersyukur banget dengan apa yang gw
laluin. Thnx God. Gw percaya gw bisa melewati semua ini bukan karena kuat gagah gw. Gw percaya ketika gw sampai di titik ini ada
banyak orang yang berkontribusi mendukung gw. Papah dan mamah, adik, keluarga besar, pembimbing rohani, dosen, serta semua temen-temen
yang udah banyak membantu gw sampai di titik ini. Makasih banyak. Tuhan Yesus memberkati.


Actions

Information

Leave a Reply

