Pengantar Objek Java — Part 2

25 10 2009

Oke… Kita lanjut dengan bikin DriverObjekMahasiswa…

Sebelum kita masuk ke pembahasan. Saya mau memastikan klo program ObjekMahasiswa udah dcompile n disimpen satu folder

berdampingan dengan DriverObjekMahasiswa. Oke!!

Klo udah dipastikan khan enak… Coz segala sesuatu yang menggantung itu ga enak sich… Hehe… Qo jd curhat gini yach…

Kita bahas dech DriverObjekMahasiswa…
Sekali lagi saya menekankan, saya tidak akan membahas hal2 yang sudah pernah kita bahas sebelumnya.
Mulai…

ObjekMahasiswa[] mhs = new ObjekMahasiswa[5];

Ini tuch fungsinya buat mendeklarasikan mhs sebagai array dari ObjekMahasiswa dengan jumlah 5.

ObjekMahasiswa omhs;

Klo yang ini dia cuma mendeklarasikan ObjekMahasiswa aja.

Bingung ga??
Simplenya gini… Klo yang bawah itu dia cuma bikin mahasiswa. Sedangkan klo yang atas dia bikin kumpulan

mahasiswa-mahasiswa.

Masih bingung jg?? Baca buku java or tanya langsung ma si gw aja dech…

Pastikan anda ngerti tentang cara mendeklarasikan objek tersebut. Coz itu adalah basicnya banget… Klo mendeklarasikan aja

udah bingung apalagi nanti pas makenya. Hehe… Klo kenalan aja udah bingung apalagi nanti pas PDKT. Wkwkwkwk… Setress

gw… Hahaha…

Lanjut…
Saya lewat bagian2 yang saya anggap anda sudah ngerti… Untuk penjelasan lebih lanjut tanya aja…

for(int i = 0; i < 5; i++){
omhs = new ObjekMahasiswa();
System.out.print("\n\nData ke-" + (i+1));
System.out.print("\nNIM : ");
inputKeyboard = inFromUser.readLine();
nim = inputKeyboard;
omhs.setNim(nim);

mhs[i] = omhs;

Kita bahas satu-satu yach…

omhs = new ObjekMahasiswa();

Ini tuch fungsinya buat menginisialisasi omhs yang sebelumnya udah kita deklarasikan. Yang laennya standard kaya input data

biasa cuma bedanya kita tampung dulu data2 mahasiswa dalam suatu variabel.

omhs.setNim(nim);

abis itu kita setNim mahasiswa, setNama, dll… Pake fungsi yang di atas. Perlu diperhatikan cara memanggil method itu

formatnya kaya di atas. NamaObjek.namaMethod(parameter);

Setelah semua data omhs lengkap barulah kita masukin ke array mhs[i].

mhs[i] = omhs;

i itu menunjukkan indeks yang akan bertambah terus sesuai data array.

Itu buat mengisi nilai array objek. Nach cara nampilinnya gmn??

Tinggal dibalik aja sich prinsipnya mah…

omhs = mhs[i];

Pake prinsip for jg. Setiap array pada mhs indeks ke i akan ditampung terlebih dahulu oleh omhs. Baru abis itu kita tampilin

caranya kurang lebih seperti ini…

System.out.println("NIM: " + omhs.getNim());

omhs.getNim() mengambil nilai dari method getNim pada ObjekMahasiswa…

Gmn dah ngerti khan?? Kurang lebih seperti itu lach… Klo belum jelas ditunggu pertanyaannya.. Hehe…
Selamat belajar java… Hehe…


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: