Tugas PASI DB

19 10 2009

Alo… PASI ada tugas khan?? Yupz… Disuruh menganalisa database. Sampai tulisan ini dibuat, aku juga belum bikin qo. Hehe… Masih cari inspirasi uy… Wkwkwk…

Kita khan disuruh menganalisa tentang sebuah database…
Yang disuruh adalah mencatatkan entitas dan atribut.

Apa yang dimaksud dengan entitas dan atribut??
Penjelasan simple aja… Menurut buku kedokteran yang saya baca(darimana jg gw bs dpt buku kedokteran)… Entitas adalah objek dalam dunia nyata yang dapat dibedakan satu sama lain. Sedangkan atribut adalah sifat-sifat/deskripsi dari entitas.

Langsung masuk ke contoh kasus aja lach yach… Pertama kita belajar gmn cara mendapatkan entitas dari suatu bisnis proses… Klo entitasnya udah dapet, atributnya mah bs dengan lebih mudah dicari…

Misalnya kaya yang diceritakan oleh Asdos kita tercinta… Hehe… Perpustakaan…
Objek2 yang bisa diliat di perpustakaan adalah sebagai berikut…
Buku
Anggota
Pegawai

Trus toko…
Pegawai
Barang
Pembeli
Supplier

Trus travel agent…
(jangan ditiru ach gw curiga pake yang ini!!)
Konsumen
Pegawai
Ticket
Maskapai

Klo gudang…
Pegawai
Barang
Supplier

Klo tempat kuliah…
Dosen
Mahasiswa

Klo koperasi…
Anggota
Debitur
Pegawai

Klo apotik, apotek, apalach itu…
Pegawai
Obat
Supplier

Dan masih banyak lagi… Hehe… Intinya mah liat aja objek2 yang nyata… Gw jg ga tau bener ga tau kaga tuh yang di atas itu… Harusnya sich masih bisa dikembangkan menjadi sesuatu yang lebih kompleks. Hehe..

Sekarang cara bikin atributnya…
Caranya mudah sich… Atribut itu adalah yang mendeskripsikan objek dan biasanya yang berhubungan ama bisnis proses yang dimaksud. Contohnya yang tempat kuliah dech…
Dosen itu atributnya: NIP, Nama, Status Kepegawaian, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Alamat, Nomor Telepon, Status Nikah, Pendidikan Terakhir, Mengajar, dll…
Klo Mahasiswa: NIM, Nama, Departemen, Angkatan, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Alamat, Nomor Telepon, Agama, Jenis Kelamin, dll…
Klo Matakuliah: Kode_MataKuliah, Nama MataKuliah, Deskripsi, Pra-syarat, dll.

Kurang lebih seperti itu lach… Ntar klo ada yang salah silahkan protes melalui jalur yang sudah kita sepakati sebelumnya… Demikianlah tulisan ini saya buat dengan sok tahu… Hahaha…


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: