Tentang Array

18 10 2009

Alo… Gimana nich ma Java?? Udah makin akrab aja khan… Hehe… Sedikit berbagi aja ach… Bising kemaren2 masih belum jelas. Ini tentang array. Makhluk apa sich Array itu?? Array itu adalah kumpulan data-data yang memiliki tipe data sama. Kenapa pake array?? Biar klo kita butuh suatu data yang tipenya sama kita ga usah repot2 mendeklarasikan banyak variabel. Kita cukup pake 1 buah variabel aja. Mis. klo mo ngasih nilai ke 40 orang. Kita ga mngkn khan bikin 40 buah variabel buat mereka semua. Mungkin sich, tp apa kamu ga kurang kerjaan?? hehe… So, diciptakanlah yang namanya array oleh Albert Array(ngarang dech gw… Wkwkwk…). Supaya kita tinggal bikin satu buah variabel array.

Bagaimana cara bikin array di java??
Pertama-tama, siapkan secangkir kopi(bising ngantuk aja sich)…
Trus ceritanya udah jadi lach yach classnya…
di bagian deklarasi… Biasanya di atas setelah main or sebelum main…

(tipe data)[] (spasi) (namaVariabel) = new (spasi) (tipe data yang barusan)[(jumlahData)];

Contoh =
int[] arrayInt = new int[10];

atau

String[] arrayStr = new String[5];

==================================================

Trus biasanya array itu diisi or ditampilinnya pake looping. Makanya klo kita belajar array, setidaknya looping itu harus udah kepegang ma kita.

Contoh cara mengisi array manual:
arrayInt[0] = 7;
(Oh iya lupa… Klo Array itu dimulai dari indeks ke 0 sampe jumlah array – 1)

klo cara nampilinnya:
System.out.println(“Array : ” + arrayInt[0]);

Kurang lebih gthu dech…
Tinggal divariasikan ama looping…

Oh iya, klo yang mo tugas aku silahkan download aja dech di URL di bawah ini…

http://www.4shared.com/file/141653822/3f842088/ArrayMaxMin.html

Tugas itu adalah mengisi array dan menampilkan nilai terbesar dan terkecil. Jangan langsung copy paste yach… Diresapi n dinikmati dulu… Hehe…
Cara kerjanya adalah mengisi semua array. Trus dibanding bandingin. Pertama mach cari nilai maksimalnya dulu. Caranya if(array[i]>max) kalo iya maka nilai max akan digantikan oleh setiap array. Sebelumnya max dibikin nol dulu.
Abis itu cari nilai min. Nilai min diinisialisasi oleh nilai max.
Cara dapetin nilai min adalah sebagai berikut: if(array[i] < min) maka nilai min akan digantikan oleh array[i].
Kurang lebih gthu dech…
Klo ada yang kurang jelas tanya langsung aja dech ma pihak2 terkait. hehe…

Sumber:
Pa Purwanto, Pa Jasman, dkk. Hehe… Selebihnya gw ngotak-ngatik sendiri…


Actions

Information

3 responses

22 03 2010
tantan

bas kya nya asik matkul di tempat lu……

22 03 2010
tantan

bas contoh2 programnya pas gw download failed mulu

7 08 2010
na_raka

huh pusing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: