Algoritma Nested Loop – part 1

18 10 2009

Alo… Belajar algoritma itu menyenangkan loh… Serasa memecahkan masalah or maen teka-teki… Hehe… Logika aja sich intinya mah… Cm kasian orang yang lagi jatuh cinta… Secara cinta itu ga ada logika… Pasti susah mikir ala algoritma tuch… Makax buat yang lagi belajar algoritma, lupakan sejenak masalah cinta2annya… Wkwkwkwk…

Aku dapet 2 buah tugas algoritma… Yang pertama bikin belah ketupat yang statis pake nested loop… (Loop di dalem loop)… Trus yang kedua bikin Segitiga kebalik dengan input berupa baris dan bilangan ganjil.

Kita bahas satu-satu dulu aja yach… Hehe… Pertama mulai dari soal yang belah ketupat statis dulu…
Penjelasannya gini… Pertama yang perlu kita lakukan adalah membelah belah ketupat tersebut menjadi beberapa bagian. Klo saya sich membaginya menjadi seperti di bawah ini…
BelahKetupat
Sebenarnya pada akhirnya saya membagi belah ketupat tersebut menjadi dua buah for besar yang masing-masing di dalamnya terdapat 4 buah for.
Alurnya seperti ini… Kita mulai dari for besar yang pertama yang nantinya akan membuat baris 1 hingga ke 4.
Yang dilakukan pertama kali oleh program adalah mengecek apakah baris tersebut adalah baris pertama atau bukan. Jika ya maka program akan mencetak bintang. Jika bukan maka akan ada beberapa tahap pengecekan lagi. Pertama program akan memeriksa jumlah spasi dengan rumus ((i-1)*2)-1; Mengapa rumus tersebut?? Karena di sini pola spasinya adalah bilangan ganjil yang dimulai dari angka 1 pada baris 2.

Nilai i Hasil rumus
2 1
3 3
4 5

Setelah itu program akan mencetak bintang sebanyak (7-spasi) div 2 — Karena sisa dari spasi harus dibagi 2. Yang pertama untuk bintang sebelah kiri lalu sisanya untuk bintang sebelah kanan.
Selesai mencetak bintang, program akan mencetak spasi sebanyak spasi lalu mencetak bintang sisanya. Pindah baris dan begitu seterusnya sampai program akan berhenti di baris ke-empat.
Setelah itu, kita akan masuk ke for besar yang kedua…

For ini pada prinsipnya sama saja dengan for di atas. Bedanya di sini spasi yang dicetak adalah dari besar ke kecil.
AlgoBelahKetupat
Untuk source lebih detail dapat anda download di URL ini………………..

http://www.4shared.com/file/141653829/a856f900/LoopSegitiga2.html

Terima kasih…


Actions

Information

One response

5 03 2014
arisa

salam kenal .. semoga bermanfa’at bagi semua yg membacanya ..:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: