Sistem Bilangan – part 2

14 10 2009

Sebelumnya di sistem bilangan part 1 kita sudah belajar tentang bagaimana mengkonversi dari desimal ke biner dan sebaliknya… Sekarang mari kita pelajari bagaimana mengkonversi ke sistem oktal maupun hexadesimal…

Menurut pendapat saya dan berdasarkan apa yang diajarkan oleh Pa Purwanto… Hehe… Kita akan lebih mudah mengkonversi ke sistem oktal maupun hexadesimal dari sistem biner. Jadi klo mo lebih cepet, konversi dulu aja ke biner. Karena dari situ akan lebih mudah dikonversi ke mana2.

Saya anggap anda sudah mahir mengkonversi dari desimal ke biner dan sebaliknya. Jadi saya tidak akan membahas kembali bagaimana carax mengkonversi dari desimal ke biner maupun sebaliknya. Klo masih bingung, baca lagi sistem bilangan part 1. Klo masih bingung juga silahkan tanya langsung ma saya. Klo masih bingung juga didoain aja… Klo masih bingung juga, berarti emank harus ditimbang… Hahaha… Becanda…

Kita mulai dari mengkonversi biner ke oktal atau basis 8. Langsung masuk ke contoh aja yach…

1011 1011

pertama-tama yang harus kita lakukan adalah mengelompokan bilangan biner tersebut tigaan2… Kenapa ngga dikelompokinnya duaan-duaan?? Sebenernya asal mulanya dikelompokin duaan-duaan. Cuma karena dikelompokinnya duaan-duaan dan kata nenek itu berbahaya, makanya dateng orang ketiga. Jadi weh dikelompokinnya semenjak saat itu tigaan-tigaan.

Oke kita mulai kelompokin tigaan-tigaan dimulai dari belakang
10 111 011
Nah, yang paling depan cuma berdua khan… Karena kasian klo cuma duaan makanya di depannya tambahin angka 0. Jadinya seperti ini…
010 111 011
Mantap…
Hitung bertiga2… Caranya sama seperti kita waktu mengkonversi dari biner ke desimal…
mulai dari belakang aja lach yach…

4    2    1
0    1    1

Klo yang ada angka 1nya seperti biasa ditambahin, klo yang ga ada abaikan aja…

1 + 2 = 3

Lakukan hal yang sama pada kelompok2 berikutnya…

4    2    1
1    1    1

1 + 2 + 4 = 7

Trus…

4    2    1
0    1    0

Klo yang ini cuma 2 aja…

Jadi hasil bilangan oktal dari 10 111 011 adalah 273…

Gimana?? Satu contoh lagi aja yach biar lebih enak(lu kira makanan)…

1 1000 1100

Kelompokin tiga2…
110 001 100
Abis itu itung per kelompok…
100 itu nilainya 4. Kenapa??
Karna…
4    2    1
1    0    0
Trus… 001 itu nilainya 1…
110 itu nilainya 6…
Jadi hasilnya adalah 614…

Udah ngerti khan… Harus ngerti lach… Gw dah cape2 ngeposting tulisan ini… Hehe…

Trus klo kebalikannya dari oktal ke biner gmn??
Yach tinggal balikin aja…
Misalnya
7035
7 itu 111
Dapet darimana??
4    2    1
1    1    1
4 + 2 + 1 = 7…
Abis itu 0 itu 000
Klo 3 itu 011
Klo 5 itu 101
Beres dech… Jadi binernya… 1110 0001 1101
Klo desimalnya berapa??
Itung sendiri aja dech… Itung2 latihan… Wkwkwkwkwk…


Actions

Information

2 responses

29 09 2010
kira

mau tanya nilai 4 2 1 dapat dari mana.??

7 10 2010
bastiyan

Itu tuh 2 pangkat n… 2 pangkat 0 kan 1… 2 pangkat 1 kan 2 trus 2 pangkat 2 kan 4 gthu seterusnya….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: