Review The Question Behind The Question

10 10 2009

The Question Behind The Question

Alo… Senin kemaren aku n temen2 sekelas dkasih buku yang keren lach… Judulnya The Question Behind The Question… Special thanx buat Pa Indra yang udah ngasih buku ini ke kita2. Makasih banyak dech… Oh iya, berubung bukunya masih digilir(Hehe… Dioper2 mksdnya… Pikirannya ich…) gw mo kasih sedikit review n yang aku dapetin lewat buku tersebut…

1. Membuat pilihan yang lebih baik dalam sekejap dengan mengajukan pertanyaan yang lebih bermutu.

Maksudnya apa?? Saat kita diperhadapkan dalam suatu kondisi yang membingungkan dan memaksa kita bertanya tentang sesuatu yang salah dari kondisi tersebut, sebaiknya kita berhenti mengajukan pertanyaan2 yang “konyol” dan tidak berbobot dan alangkah lebih baiknya klo kita memikirkan pertanyaan2 yang lebih bermutu. Bingung khan?? Maksudnya gini lho… Misalnya kita dapet nilai yang jelek. Daripada kita “ngedumel” dengan pertanyaan2 yang ga penting seperti: Kenapa dosen kasih nilai jelek?? Kapan yach dosen itu jadi baik??, Siapa sich dosennya ga bener banget kasih nilai?? Lebih baik kita bertanya dengan pertanyaan yang lebih bermutu seperti: Apa yang bisa saya lakukan supaya nilai saya jadi bagus?? Bagaimana caranya supaya saya dapet nilai bagus??

Itulah QBQ, mendapatkan suatu pertanyaan yang lebih berbobot di balik pertanyaan/permasalahan yang ada.

Trus gmn caranya bikin QBQ??
Pertama = Dimulai dengan apa dan bagaimana bukan mengapa, kapan, siapa
Kedua = Terdiri dari kata saya bukan mereka, kalian, kami, atau kamu
Ketiga = Berfokus pada tindakan

***Mengatasi perubahan, mengambil tindakan, dan menyelesaikan masalah

***”Bagaimana caranya supaya saya dapat beradaptasi dengan dunia yang terus berubah??”
“Bagaimana caranya supaya saya dapat menerapkan apa yang saya dengar??”

***Jangan suka menunda!!

***Tangani dengan segera hal2 kecil, selagi mereka masih kecil

***Menanam dulu memetik hasil kemudian

***Tidak ada peluang bagi kita untuk mencapai potensi tertinggi kita kalau kita terus menerus saling menyalahkan

***Berhenti menyalahkan!! Lebih baik cari solusi!!

***Jangan mengeluhkan segala sesuatu yang ada di luar kontrol anda

***Melihat dan menghargai bakat dan kemampuan orang lain seperti apa adanya

***Kita tidak dapat mengontrol lingkungan dan peristiwa. Satu2nya yang kita miliki adalah kontrol atas diri kita sendiri.

***Hanya dengan bertindak maka segala sesuatu dapat tercapai!!

***Mengambil tindakan mengandung resiko, tapi sama sekali tidak bertindak justru lebih beresiko.

Ini cuma intinya aja sich yang gw dapet. Nanti baca lebih detail aja dech… Semoga bermanfaat…


Actions

Information

Leave a Reply

